Jembatan Rumpiang, Harbour Bridge nya Marabahan

Emmm... tadinya bingung mau posting apa. Setelah dipikir-pikir apa salahnya kalo posting tentang landmark kota. Kali ini saya coba angkat kota tempat saya tinggal dari kecil hingga SMA dulu, Marabahan. Marabahan sebagai kota kecil kurang diperhitungkan keberadaannya oleh warga kota lain. Saya mengatakan begini karena dulu waktu awal kuliah sering terjadi pertanyaan-pertanyaan kepada saya mengenai kota Marabahan. Pertanyaan itu antara lain: "By, di Marabahan bisa make handphone ga?", "By, emang listrik sudah bisa masuk di Marabahan?". Buset... sebegitu tertinggal kah Marabahan di mata warga daerah lain. Berbagai macam pertanyaan diluncurkan bertubi-tubi kepada saya. Mungkin yang namanya teman hal seperti itu biasa, cuma bercanda.

Tapi sekarang siapa coba warga Kalimantan Selatan yang ga kenal Marabahan? Kalau masih belum kenal atau tau kota Marabahan, coba deh berkunjung ke Marabahan. Soalnya, tidak jauh dari pusat kota Marabahan terdapat landmark kota yang megah, Jembatan Rumpiang. Eiit, sebelumnya kenapa jembatannya dinamakan Jembatan Rumpiang, bukan Jembatan Marabahan. Itu mungkin karena jembatan ini berada di desa Rumpiang. Dulu sih di desa ini kalau mau nyebrang harus naik kapal fery.


Fisik jembatan yang megah didukung dengan ekspose rangka baja

Jembatan ini selalu ramai dikunjungi, baik pagi (pagi hari libur maksudnya, he..), siang maupun malam. Jembatan ini jadi tongkrongan remaja, khususnya remaja Marabahan itu sendiri. Apalagi hari libur,wah cukup banyak wisatawan domestik yang berdatangan untuk sekedar melihat jembatan yang katanya mirip Harbour Bridge ini. Dan yang lebih berbangga lagi, jembatan ini pernah diliput stasiun TV swasta nasional, di sana dikatakan "Jembatan ini merupakan landmark Kalimantan Selatan".

Percaya kan kalau jembatan ini ramai dikunjungi?
Tuh liat banyak motor yang parkir di tepi jalan jembatan. Suasana minggu pagi nih..

Sorry ya gambarnya putus, maklum kamera hp, he..

Selain jembatan itu sendiri, kita bisa melihat pemandangan yang saya kira bagus untuk dijadikan objek foto. Ayo yang hobynya fotografi, buruan ntar kehabisan (beras kali bisa kehabisan, he..). Ntar saya update kemudian mengenai objek fotonya, soalnya di hardisk saya ini foto tersebut ga ada, saya carikan dulu ya..

Apapun itu, saya sebagai warga Marabahan berharap banyak terhadap jembatan ini. Dengan terbukanya akses ke luar kota (tidak perlu nyebrang lagi kalau mau ke Marabahan), diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi kota Marabahan. Marabahan bisa mengejar ketertinggalan dari kabupaten lain yang berada di Kalimantan Selatan khususnya. Amin.....


Foto-foto waktu jembatan masih di portal nih, belum diresmikan soalnya.
Bisa main-main di tengah jalan.


Salam,
Jembatan Rumpiang, Harbour Bridge nya Marabahan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin

15 komentar:

Unknown mengatakan...

Wah mantap struktur jembatannya, kalau dibandingkan dengan jembatan Barito ganal mana?
Bahan struktur jembatannya menggunakan apa tuch?
trms...

Admin mengatakan...

@Husnun: Tentu lebih besar jembatan barito. Sungainya aja lebih lebar sunagi di jembatan barito. Strukturnya pakai baja.
Kapan-kapan coba berkunjung sama anak 07. he..

Infopemula mengatakan...

waa...keren juga tuh,
mudah2an suatu saat bisa foto2an juga disana :D
makasih info & salam kenal...

nasrudin ansori mengatakan...

wah keren bgt sudut pengambilan gambarnya.tampak megah jadinya...

Admin mengatakan...

@infopemula: Sama2. salam kenal juga. Ntar bila mau berkunjung ke Jembatan Rumpiang, ntar kasih taua saja saya, biar saya jadi guide nya. :D

Admin mengatakan...

@ansori: wah.. foto2 di blog mas ansori juga keren2.

Clara mengatakan...

Aminnn.. hehe.. Btw, jadi jembatan ini ngalah-ngalahin jembatan Barito ya? Belum kan?

Admin mengatakan...

@Clara: Kalau ngalah-ngalahin sih belum. Masih kalah gede soalnya. he..

hafiz mengatakan...

mantabs gan.. ;)
rencana aku hri ini mo ke TKP, tapi ujan bos. hee

melldull mengatakan...

huaaa...
gue butuh data pembuatan jembatan ini nihh..
ada yg tau web nya?

Admin mengatakan...

melldull.. maaf, saya juga ga tau. :D

Erma mengatakan...

Beugh...
Rumpiang Bridge mank T.O.P B.G.T ya..
Dr Fisik mnk msh kaLah ma Barito Bridge, tp LihaT ntar.. pengunjung'y jg bakaLan MemBludaK macam di Barito Bridge--- Yakin dec..

heri mengatakan...

nah ini kyamana ni kbar marabahan nang bahalab tu
rugi klu kda tahu marabahan coy.....

Tasly ICP mengatakan...

Herbal Jantung Tanpa Efek Samping

jasa arsitek mengatakan...

wuiiiih, keren gan!

Posting Komentar