Search

rss

Senin, 25 Januari 2010

ARSITEKTUR RENAISSANCE

Seni Teknologi dan Arsitektur

Kegiatan keagamaan di Eropa memanfaatkan media cetak, dimana sistem cetak ini merupakan penemuan baru. Buku–buku agama berkembang dengan cepat dan luas. Sebagai efek samping buku-buku literatur gereja banyak pula dikembangkan keluar, termasuk buku-buku pengetahuan tentang budaya Romawi dimasa lampau (yang menjadi titik pusat perhatian masyarakat pada waktu itu, karena dianggap dapat menjawab permasalahan). Dengan perkembangan buku-buku literatur secara cepat dan meluas, maka berkembanglah babakan baru untuk intelektualitas masyarakat serta pembaharuan dalam pola pikir.
Giotto adalah seniman Renaissance dari Firence yang pertama kali menguasai penggunaan perspektif mekanis, pemakaian bentuk anatomi manusia, serta eksperimen tentang “chiaroscuro” yaitu suatu cara melukis bayangan dengan maksud memberikan ketajaman pada bentuk-bentuk yang terkena bayangan, ini merupakan 3 unsur pokok bagi pelukis masa Renaissance pada awalnya. Dengan demikian lukisan yang dihasilkan lebih mendekati obyektifitas dan lebih realistis.
Selanjutnya “azas perspektif mekanis” ditemukan oleh arsitek Brunelleschi, yang menemukan prinsip-prinsipnya pada waktu ia menelaah proporsi bangunan Romawi kuno. Penemuan prinsip ini sangat menggairahkan seniman sezamannya, sehingga pada aliran Renaissance ini hampir semua hasil karya seni memakai prinsip teknik perspektif. Azas-azas perspektif, suatu telaah yang mempesonakan seniman Renaissance memperlihatkan bagaimana perspektif mengungkapkan kesan kedalaman suatu permukaan yang datar, semua garis bertemu pada satu “titik lenyap” sehingga pedoman ini dipakai dalam sketsa sebelum mulai melukis.
Teknik “Sfumato” sebagai pengembangan dari teknik Chiaroscuro, yakni pengaburan atau peremangan garis bentuk suatu benda sehingga menyatu dengan keadaan sekelilingnya, sehingga memperkuat kesan obyek, semakin dikenal.

Karakter Arsitektur
Proporsi yang harmonis menguasai perhatian arsitek seniman Renaissance, yang berusaha menghubungkan matra tiap bagian utama bangunannya dengan satu modul, atau satuan panjang yang menjadi dasar. Contoh proporsi Michaelangelo yang rumit pada rancangan gereja St. Petrus (yang tak pernah dilaksanakan), adalah satuan bangunan diukur secara vertical dengan perbandingan 3 : 2 : 1. garis bentuk bangunan merupakan segitiga samasisi, merupakan bentuk geometris yang benar-benar simetri.

Analisa Perbandingan
  • Bentuk denah keseluruhan simetri
  • Menara lebih sederhana dalam bentuk maupun jumlahnya
  • Kesan skyline horizontal
  • Atap kembali pada ½ lingkaran tanpa rib/ rusuk, sehingga ketebalannya sama (kesan kekokohan Romawi ditonjolkan kembali)
  • Pedoman klasik (Yunani + Romawi) dipergunakan kembali dan distandarkan menurut pemikiran humanis.

Bangunan Masa Renaissance
  • Gereja Basilika St. Petrus di Roma (Vatikan)
Pembangunan gereja Basilika ini mulai tahun 1506, untuk menggantikan sebuah gereja yang sudah berumur 1200 tahun, yang berdiri diatas makam St. Petrus (Zaman Kristen Awal).
Setelah para arsitek bersaing untuk mengajukan rancangannya, pemenangnya adalah Donate Bramante. Kemudian para arsitek lainnya seperti Raffaelo dan Michaelangelo berulangkali melakukan perubahan besar. Ketika Kathedral itu selesai dibangun pada tahun 1623, hanya kubah besarnya saja rancangan Michaelangelo yang menyerupai rencana asli.
Diatas deretan pilar, berdiri patung-patung besar (orang-orang yang dihormati dalam agama Kristen) menghadap halaman dalam bentuk oval. Patung tersebut bergaya barok yang dirancang oleh Bernini puluhan tahun kemudian.
  • Doges Palace, Venice
  • Duomo Florence, Italy
  • El Escorial, Spain
  • Villa Barbaro, Maser, Italy
  • Papal Palace, Avignon, France

4 komentar:

  1. Indonesian Architecture
    Visit---> http://www.architecture-consultants.com

    BalasHapus
  2. Artikel yang bagus, jd ingat pelajaran sejarah arsitektur.

    btw: Mas Roby yang baik, kami sudah follow dan mencantumkan link blog anda di blog kami, silahkan cek di http://ahmadridwan-arsitek.blogspot.com/2010/01/link-directory.html, mohon untuk follow dan link balik ke blog kami, salam kenal buat Mas Roby, thks.

    BalasHapus
  3. blog yg menarik dan sumber inspirasi sy..:) terima kasih

    BalasHapus


ShoutMix chat widget

Blog Archive

Daftar Isi

 

Komentar Terakhir

About Me

Foto Saya
Saya kelahiran 25 Oktober 1987 tepatnya di Amuntai. Sampai SMU saya bersekolah di sebuah kota kecil di Kalimantan Selatan, Marabahan. Dan akhirnya sekarang saya masih tercatat sebagai mahasiswa di Jurusan Arsitektur, Unlam.