Apakah Arsitektur Itu?


Arsitektur bukanlah barang baru, diskusi dan kekaguman bahkan ada pula yang dinista. Sampai kinipun cukup banyak pendapat dan telaah tentang arsitektur. Mulai dari metode merancang, teori, sampai apresiasi arsitektur. Pada zaman Vitruvius arsitektur identik dengan gedung (termasuk kota/ benteng, aquaduct/instalasi air) tetapi kini kata arsitektur juga dipakai oleh disiplin ilmu lain seperti istilah “arsitektur komputer”, “arsitektur kapal”, bahkan ada istilah ”arsitektur strategi perang”. Secara gamblang istilah-istilah itu merujuk pada gagasan atau ide rancangan yang akan diwujudkan menjadi nyata.

Secara spesifik arsitektur adalah keseluruhan proses mulai dari pemikiran/ ide/ gagasan, kemudian menjadi karya/ rancangan, dan diwujudkan menjadi hasil karya nyata yang dilakukan secara sadar (bukan berdasarkan naluri) dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan akan ruang guna mewadahi aktivitas/ kegiatannya yang diinginkan serta menemukan eksistensi dirinya.

Berarsitektur dilakukan secara sadar bukan secara naluri oleh karena itu berarsitektur hanya bisa dicetuskan setelah melalui proses belajar. Melalui proses belajar arsitektur menjadi dinamis terus berkembang integral dengan perkembangan budaya/kegiatan manusia. Gua adalah benda alamiah, fenomena kerja alam yang kemudian diintervensi oleh manusia guna memenuhi kebutuhan akan tempat berteduh. Ketika gua dirasa sudah tidak dapat lagi memenuhi perkembangan kegiatan, manusia mulai berpikir untuk membuat shelter yang kemudian berkembang dan akhirnya tercipta rumah. Berbeda dengan burung yang secara naluri membuat “ruang” (sarang) tempat bertelur dan membesarkan anak-anaknya dari dulu hingga kini wujud “sarang”, tidak ada yang berubah baik bentuk, struktur maupun materialnya.

Ketika manusia mulai membuat rumah, manusia mengintervensi alam dengan teknologi. Kemudian, karena kesadaran akan keindahan merupakan naluri alami manusia, maka ke dalam semua tradisi berarsitektur masuklah unsur seni/estetika. Ketika kekuatan alam sangat berpengaruh maka arsitektur akan didominasi oleh struktur/teknologi (contoh: Arsitektur Jepang), tetapi ketika kekuatan alam tidak terlalu berpengaruh maka arsitektur didominasi oleh unsur seni/ art (Arsitektur Eropa). Pada awal masa jayanya arsitektur, unsur art menjadi lebih dominan. Dalam perkembangan selanjutnya ketika terjadi revolusi industri dan teknologi menjadi sesuatu yang sangat di-gandrungi maka sekelompok filsuf berpandangan bahwa seharusnya arsitektur didominasi oleh teknologi. Issu inipun menjadi debat kusir (Ecole de Beaux Arts vs Ecole Polytechtique di Perancis dan Harvad vs MIT di USA). Jadi, jika arsitektur tidak pure termasuk kelompok seni juga tidak pure termasuk kelompok teknologi.

Dimanakah posisi arsitektur?
Arsitektur berpijak diantara keduanya. Seni dan teknologi bagaikan dua kutub yang berseberangan dan aspek nilai guna satu titik lain di atasnya, sehingga membentuk segitiga (bentuk stabil). Seni dan teknologi harus seimbang saling mengisi, bagaikan tubuh dan roh. Arsitektur yang didominasi oleh teknologi akan terasa hambar, kaku, monoton untuk itu diperlukan seni. Arsitektur yang didominasi oleh seni akan terasa mubazir, over acting dan diragukan kekuatannya. Arsitektur yang tidak memenuhi aspek nilai guna adalah sampah (seperti garam yang tidak asin).

Apakah seni dalam konteks arsitektur ?
Nilai estetika seni dalam arsitektur memang sulit diukur, penilaian orang terhadap sesuatu apakah esteik atau tidak memang sangat relative. Namun dapat kita sederhanakan klasifikasi dari kategori estetika menjadi : keindahan beauty (adanya relasi formal antara harmoni dan proporsi); kesenangan pleasure (adanya relasi fungsional antara efisiensi dan kenyamanan); kesukaan delight (adanya relasi makna antara asosiasi dan selera). Unsur seni/estetika dalam arsitektur tidak sebatas ornament sebagai unsur dekoratif tetapi keseluruhan bentuk unity dari objek nyata arsitektur dan lingkungannya. Bentuk struktur bangunan atau material bangunan juga dapat bernilai estetis jika memenuhi 4 kategori diatas. Dengan unsur teknologi, seni dan nilai guna.

Apakah Arsitektur Itu? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar